Mengenal Apa Itu Omicron Dan Cara Mengatasinya - TiapHealthy

Sumber: Foto oleh CDC dari Pexels

Mengenal Apa Itu Omicron Dan Cara Mengatasinya- Omicron merupakan varian baru dari covid dengan kode B.1.1.529 yang dikatakan sebagai salah satu yang tercepat dalam menularkan virus. WHO mengatakan varian ini pertama kali dilaporkan dari Afrika Selatan pada 24 November 2021. Varian omicron memiliki beberapa mutasi yang merugikan. Mungkin anda belum Mengenal Apa Itu Omicron dan cara mengatasinya, berikut penjelasannya.

WHO Menjelaskan

Sumber: https://www.who.int/

Peningkatan risiko infeksi ulang pada varietas ini lebih tinggi daripada varian lainnya dan kemungkinan menyebar lebih mudah daripada virus SARS-CoV-2 asli, bahkan jika mereka divaksinasi atau tidak memiliki gejala.

Perbedaan Varian Omicron Dengan Varian Sebelumnya

Spesialis Paru-Paru RSA UGM mengatakan bahwa Omicron memiliki sifat yang berbeda dan menyebabkan gejala yang berbeda dari sebelumnya. Dokter ini menegaskan, cara paling efektif untuk menangani virus ini adalah dengan menjaga dan menerapkan prinsip protokol kesehatan 5M, seperti rutin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari keramaian, dan mengurangi mobilitas.

Bagaimana Mencegah Penyakit Omicron

Sumber: Foto oleh August de Richelieu dari Pexels



Sama dengan varian covid sebelumnya. Yaitu cara mencegahnya dengan memakai masker, lalu menjaga jarak, menghindari keramaian dan lain sebagainya. Untuk memutus mata rantai virus corona paling ampuh.

Ciri dan Gejala Varian Omicron

Faktor materi genetik virus memang cepat bermutasi. Mutasi ini kemudian membentuk sifat yang berbeda. Mutasi Omicron baru diketahui lebih menular dibandingkan varian sebelumnya. Sebelumnya, pada varian pertama Covid-19, satu orang yang terinfeksi bisa menulari tiga orang lainnya.

  • Varian Delta memiliki sifat transmisi 10 kali lebih cepat dari varian pertama. Sekarang, Omicron, memiliki lebih banyak properti daripada Delta.
  • Mutasi juga membuat gejala yang ditimbulkan berbeda dengan varian sebelumnya.
  • Pada varian awal Covid-19 menyebabkan gangguan pada indera penciuman dan perasa, kemudian batuk dan pilek.
  • Pada varian Omicron, gejala yang paling dominan terjadi adalah mudah lelah, kemudian batuk pilek, sakit tenggorokan, dan nyeri sendi.

Dibandingkan dengan varian Alpha, Beta dan Delta. Varian Omicron ini lebih nangkring di saluran pernapasan. Sedangkan varian Alpha, Beta dan Delta lebih banyak berlabuh di paru-paru. Jadi varian sebelumnya lebih mudah berkembang biak di paru-paru daripada di saluran pernapasan, jadi efeknya gejala sesak napas lebih banyak terjadi pada varian Alpha, Beta dan Delta.

Demikian penjelasan dari saya tentang Mengenal Apa Itu Omicron dan cara mengatasinya semoga bermanfaat, terimakasih.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar