8 Manfaat Bunga Telang untuk kesehatan dan Cara mengkonsumsinya - TiapHealthy

Bunga yang memiliki warna Biru tua yang sangat jelas dapat memanjakan mata kita. Bunga ini juga dikenal sebagai sayap merpati Asia, kacang kupu-kupu, kacang Kordofan, dan kacang Darwin, dan secara botani bernama Clitoriaternatea. Sering ditanam sebagai tanaman hias, tanaman Telang membutuhkan sedikit perawatan saat dibudidayakan. Warna yang cerah dari Bunga Telang telah digunakan sebagai zat pewarna dalam makanan. Namun siapa yang sadar ternyata Bunga Telang memiliki sejumlah manfaat kesehatan, juga telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Pengobatan Tiongkok konvensional menganggap kualitas penyembuhan yang berbeda dalam Bunga Telang. Bentuk konsumsi Bunga Telang yang paling umum adalah membuat teh dari bunga telang. Lalu apa saja manfaat mengkonsumsi bunga telang? Berikut 8 Manfaat Bunga Telang untuk kesehatan dan Cara mengkonsumsinya.

1. Melawan Kanker

Bunga Telang dapat melawan kanker dengan menembus membran sel kanker dan menghambat pertumbuhannya. Bunga Telang adalah salah satu dari sedikit tanaman yang mengandung siklotida dan memiliki peptida dengan manfaat anti-tumor.

2. Meningkatkan kesehatan otak

Kesehatan otak yang baik tergantung pada tingkat komunikasi otak. Bunga Telang mengandung asetilkolin, dan saat dikonsumsi dapat meningkatkan kadar asetilkolin di otak. Asetilkolin menurun seiring bertambahnya usia, menyebabkan hilangnya memori dan masalah lainnya. Konsumsi Bunga Telang dapat membalikkan proses ini dan meningkatkan kemampuan berpiki

3. Membantu dalam konjungtivitis

Akar tanaman Bunga Telang digunakan untuk menyembuhkan banyak penyakit mata, terutama di Asia Tenggara. Bunga-bunga indah ini digunakan untuk mengobati infeksi mata seperti 'mata merah muda' atau konjungtivitis. Peradangan pada mata dikenal sebagai konjungtivitis. Mata menjadi merah dan gatal. Konjungtiva meradang, yang merupakan selaput tipis yang menutupi mata.

4. Baik untuk kulit

Bunga Telang penuh dengan antioksidan dan memiliki sifat yang membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh molekul gula pada kulit. Molekul gula menyebabkan penuaan kulit karena proses Glycation, yang menyebabkan kerusakan protein kulit. Teh kacang kupu-kupu biru memiliki anti-Glycation dan dapat mencegah penuaan dini.

5. Digunakan untuk rambut

Bunga Telang hadir sebagai bahan dalam banyak sampo dan kondisioner. Hal ini dikarenakan Bunga Telang memiliki sifat yang menyehatkan folikel rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut, mencegah rambut beruban, dan mengurangi rambut rontok.

6. Membantu dalam kehamilan

Bunga Telang mendapatkan nama botani dari kemiripannya dengan "Maaf" alat kelamin wanita, klitoris. Hal ini diyakini untuk membantu dalam pembuahan, dan seperti chamomile dan teh hijau, ini memberikan alternatif yang sehat untuk kafein selama kehamilan.

7. Melawan Diabetes

Bunga Telang memiliki sifat fantastis untuk mengendalikan penyerapan gula ke dalam aliran darah. Oleh karena itu tanaman ini sering digunakan untuk mengobati pasien diabetes.

8. Meredakan rasa nyeri

Ekstrak jus Bunga Telang dengan sedikit garam dapat mengukus tempat infeksi telinga. Jika Anda menderita migrain, kunyah dua daun kacang polong biru kering. Ini juga membantu dengan sakit kepala.


Bagaimana cara konsumsi Bunga Telang dalam bentuk teh?

Membuat teh Bunga Telang cukup sederhana dan mudah. Dan karena mengandung banyak manfaat kesehatan, sering diganti dengan cangkir kafein. Ini sering disajikan hangat, meskipun beberapa orang mungkin menyukainya dingin. Kalian bisa menambahkan madu, jahe, atau mint untuk meningkatkan rasa dan manfaatnya. Perubahan warna didasarkan pada zat yang ditambahkan ke teh. Inilah cara membuat teh Bunga Telang – secangkir minuman sehat bebas kafein untuk kalian.

1. Ambil sekitar selusin bunga telang dan rendam dalam air panas sampai warna air berubah menjadi biru cerah dan bunganya berubah menjadi merah muda. kalianAnda tidak memiliki bunga segar, gunakan bunga kering sebagai gantinya, bisa kalian beli di marketplace kesayangan kalian.

2. Biarkan teh diseduh selama sekitar 10 menit.

3. Saring cairan dalam cangkir.

4. Tambahkan sejumput serai, tetes lemon, madu, atau jahe untuk meningkatkan rasanya. Warna teh akan berubah sesuai, seperti lemon dapat membuatnya menjadi keunguan.

5. Sajikan hangat atau dingin.


Apakah bunga telang bisa dimakan?

Bunga-bunga biru cerah dan indah dari Bunga telang ini sering digunakan dalam salad untuk warna dan rasa, dan memiliki segudang manfaat kesehatan. Mengingat bunga ini sering digunakan sebagai pewarna makanan di kedua hidangan manis dan gurih. Bunga yang sudah kering juga sering digunakan untuk kuliner di negara-negara Asia.


Apakah ada efek samping saat kita mengkonsumsi Bunga Telang?

Meskipun tidak ada efek samping yang muncul, disarankan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi Bunga Telang, karena semua yang berlebihan itu tidak baik. Jika Kalian sedang hamil atau menyusui, disarankan untuk meminta pendapat dokter sebelum mengkonsumsi teh Bunga Telang atau makanan yang mengandung bunga Telang.

Ternyata banyak sekali ya manfaat kesehatan dari Bunga Telang ini, tak terasa kita sudah ada di penghujung pembahasan kali ini, terima kasih sudah membaca sampai akhir, jangan lupa membaca artikel lainnya dari TiapHealthy, nantikan terus postingan yang akan datang, sampai jumpa.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar