Deltacron: Varian baru Covid-19 hasil kombinasi varian Delta dan Omicron - TiapHealthy

Belakangan media sosial diramaikan dengan laporan Cypurs dan Prancis yang menyatakan telah menemukan Varian baru dari SARS-Cov-2 atau biasa disebut Covid-19. Deltracron namanya. Apa itu Deltracron? Baca artikel ini sampai akhir jika kalian ingin lebih tau varian baru Covid-19 ini. Berikut Tiaphealthy mempersembahkan Artikel yang berjudul Deltacron: Varian baru Covid-19 hasil kombinasi varian Delta dan Omicron.

Apa itu Deltacron?

Para ilmuan di Cypurs telah melaporkan bahwa mereka menemukan varian baru SARS-CoV-2, varian ini disebut Deltacron yang dimana diambil dari nama Delta dan Omicron. Dr. Kostrikis mengatakan bahwa varian tersebut memiliki karakteristik yang mirip dengan varian Covid sebelumnya (Delta dan Omicron). Tim kesehatan Cypurs juga telah menyampaikan ada sedikitnya 25 kasus terjangkit, beberapa telah dirawat di rumah sakit dan sebagian melakukan isolasi mandiri.

Apakah Varian ini sudah masuk ke Indonesia?

Dilansir dari CNN Indonesia, dr. Siti Nadia Tarmizi menyampaikan sejauh ini per tanggal 18 Maret 2022 belum ada laporan kasus Deltacron di Indonesia. Namun dr. Siti Nadia Tarmizi menghimbau seluruh jajaran tetap waspada karena varian ini memang memiliki potensi untuk menyebabkan peningkatan kasus di Indonesia.

Gejala Deltacron

Tidak jauh berbeda dengan varian-varian sebelumnya seperti:

a) Demam,

b) Hilangnya Indra penciuman,

c) Sakit kepala,

d) Sakit Tenggorokan,

e) Batuk terus menerus,

f) Kelelahan yang berkepanjangan.

Ilmuan masih mengumpulkan bukti

Dr. William Schaffer menjelaskan saat diwawancarai media Medical News Today.

“Deltacron telah menarik banyak perhatian dalam komunitas ilmiah COVID. Apakah varian tersebut memang varian baru yang muncul sebagai hasil gabungan virus Delta dan Omicron dari infeksi simultan pada manusia atau apakah itu terjadi karena kecelakaan laboratorium masih harus ditentukan.”

– Dr. William Schaffner

Dikondirmasi WHO

Maria Van Kerkhove selaku pimpinan teknis Covid-19 WHO mengonfirmasi adanya hybrid atau kombinasi varian Civid-19 Delta dan Omicron dalam Konferensi Pers pada Rabu, 10 Maret 2022. Ia mengatakat meski kasusnya masih rendah di beberapa Negara, namun Negara-negara terkait sedang mengawasi lebih lanjut kasus-kasus Deltacron ini.

Demikian Artikel Deltacron: Varian baru Covid-19 hasil kombinasi varian Delta dan Omicron yang bisa TiapHealthy sampaikan, selamat beraktifitas dan Terimakasih.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar