Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Posisi Duduk Yang Benar - TiapHealthy

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Posisi Duduk Yang Benar- Selama ini banyak orang yang tidak mempermasalahkan posisi duduk. Beberapa orang cenderung duduk dalam posisi ala kadarnya untuk waktu yang lama. Padahal, posisi duduk yang salah bisa berdampak buruk bagi kesehatan tulang, terutama tulang belakang. Berikut tips Menjaga Kesehatan Tubuh Anda.

Topang Bagian Punggung Bawah Atau Pinggang

Posisi duduk yang benar membutuhkan dukungan meja dan kursi yang ergonomis untuk menopang tubuh dan mengurangi ketegangan saat duduk. Kursi ergonomis umumnya dapat menopang pinggang atau punggung bawah.

Anda yang belum pernah menggunakan kursi sejenis tidak perlu khawatir, gunakan bantal dari gulungan handuk atau bantal kecil. Perangkat pendukung ini dapat menjaga postur tubuh dan mengurangi rasa tidak nyaman pada tulang belakang. Setelah itu, duduklah dengan punggung lurus dan pastikan bokong dekat dengan sandaran kursi.

Atur Kursi Yang Tepat Saat Duduk

Posisi duduk yang benar dan sehat membutuhkan pengaturan tempat duduk yang tepat. Buat tinggi kursi agar kaki sejajar dan lutut sejajar dengan pinggul. Memposisikan lengan terlalu jauh dari tubuh dapat membuat otot lengan dan bahu tegang. Saat duduk di kursi putar, jangan memutar pinggang untuk menghindari cedera. Tapi, putar seluruh tubuh bagian atas.

Telapak Kaki Menapak Lantai

Pastikan kaki Anda menyentuh lantai saat duduk. Dengan begitu, distribusi bobot tubuh lebih merata hingga ke pinggul. Jika Anda memakai sepatu hak tinggi, lepaskan alas kaki Anda saat duduk dalam waktu lama.  Jika kursi yang digunakan terlalu tinggi sehingga telapak kaki sulit menyentuh tanah, berikan penyangga atau tumpuan.

Atur Layar Sejajar Dengan Mata

Posisi duduk yang benar juga membutuhkan pengaturan posisi layar yang tepat. Rentangkan tangan Anda, lalu posisikan monitor sejauh satu lengan. Selanjutnya, sesuaikan ketinggian monitor. Bagian atas layar monitor tidak boleh lebih dari lima sentimeter di atas ketinggian mata.

Beristirahatlah Secara Teratur

Posisi duduk yang benar juga perlu didukung dengan istirahat yang cukup. Duduk dalam waktu lama membuat aliran darah tidak lancar. Dapat menyebabkan kelelahan otot. Untuk mencegahnya, istirahatlah dengan bangun dari tempat duduk Anda secara berkala. Idealnya, Anda harus istirahat dari tempat duduk Anda setiap 20-30 menit. Lakukan peregangan ringan, ambil minum, atau pergi ke kamar mandi.

Demikian penjelasan tentang Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Posisi Duduk Yang Benar semoga bermanfaat, terimakasih.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar