Simak Beberapa Manfaat Melakukan Olahraga Secara Teratur - TiapHealthy

Simak Beberapa Manfaat Melakukan Olahraga Secara Teratur- Olahraga dapat berdampak pada kebugaran fisik Anda. Jadi sebenarnya tidak ada alasan untuk menunda olahraga. Semakin sering Anda berolahraga dengan porsi yang tepat, semakin banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dengan melakukan olahraga secara teratur.

Manfaat olahraga

Olahraga penting dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang selalu sehat dan bugar di kemudian hari. Agar Anda semakin termotivasi dan rajin berolahraga, yuk simak Melakukan Olahraga Secara Teratur yang bisa dilakukan dirumah:

Mengurangi Stres

Manfaat zat besi akan membuat sekresi hormon kortisol dan epinefrin menjadi semakin banyak dan justru mengganggu kesehatan. Sebaliknya, olahraga akan menekan produksi hormon tersebut dan memicu sekresi hormon norepinefrin, yang berfungsi sebagai antidepresan.

Tingkatkan Kreativitas

Olahraga dapat merangsang BDNF (Brain Derived Neurotrophic Factor) di otak. BDNF sendiri memiliki peran penting dalam pembelajaran, mental, dan kesehatan seseorang sehingga membuat otak Anda tetap segar dan awet muda. Bagian otak yang memiliki BDNF paling banyak adalah hipokampus.

Mencegah Penyakit

Satu kali latihan tentunya tidak akan membuat Anda bugar seperti orang yang rajin berlatih. Namun setidaknya, fungsi prefrontal yang meningkat setiap kali Anda berolahraga dapat membantu gangguan fungsi kognitif. Selain itu, tentu saja peningkatan neurotransmiter juga membantu individu yang sedang berjuang melawan depresi.

Citra Tubuh Yang Lebih Baik

Menurut sebuah studi tahun 2017 di Psychology of Sport and Exercise, wanita umumnya memiliki kecenderungan untuk merasa buruk tentang diri mereka sendiri. Namun, hanya satu sesi latihan dapat berdampak positif pada bagaimana wanita melihat tubuh mereka lebih baik. Dengan begitu, rasa percaya diri akan meningkat dan mempengaruhi berbagai aspek lainnya.

Meningkatkan Memori Otak

Bertambahnya usia seringkali menjadi faktor yang membuat otak mudah lupa, untuk mencegahnya mulai dari sekarang, yang perlu Anda lakukan hanyalah berolahraga. Melancarkan aliran darah ke otak karena olahraga dapat berfungsi untuk meningkatkan daya ingat otak. Oleh karena itu, bagi Anda yang tidak ingin cepat lupa saat sudah tua, Anda harus benar-benar membiasakan diri untuk berolahraga.

Demikian penjelasan dari saya tentang simak beberapa Manfaat Melakukan Olahraga Secara Teratur semoga bermanfaat, terimakasih.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar