5 Manfaat Oregano bagi Kesehatan - TiapHealthy

Halo semuanya, Apakah kalian tau Oregano?, Oregano atau juga disebut origanum atau marjoram liar, merupakan herbal atau rempah aromatik dari keluarga mint (Lamiaceae) yang dikenal karena daun keringnya yang beraroma dan pucuk bunganya. Oregano berasal dari perbukitan di negara-negara Mediterania dan Asia Barat dan telah dinaturalisasi di beberapa bagian Meksiko dan Amerika Serikat. Herbal ini telah lama menjadi bahan penting masakan Mediterania dan banyak digunakan untuk membumbui banyak makanan. Varietas kuliner, seperti oregano Yunani atau Italia, memiliki aroma yang kuat dan rasa pedas yang hangat. Berikut akan kami jabarkan mengenai 5 Manfaat kesehatan Oregano dibawah ini, jadi baca sampai akhir ya!.

Kandungan dalam Oregano

Oregano mengandung banyak minyak esensial yang bermanfaat bagi kesehatan seperti carvacrol, thymol , limonene, pinene, ocimene, dan caryophyllene. Daun dan batang berbunga memiliki sifat antiseptik, antispasmodik, karminatif, kolagog, diaphoretic, ekspektoran, stimulan, dan sifat tonik ringan. Oregano juga merupakan sumber mineral yang sangat baik seperti kalium, kalsium, zat besi, dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah yang disebabkan oleh natrium yang tinggi. Zat besi membantu mencegah anemia. Magnesium dan kalsium adalah mineral penting untuk metabolisme tulang.

Kaya Antioksidan

Oregano kaya akan antioksidan, yaitu senyawa yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Penumpukan radikal bebas selalu dikaitkan dengan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Beberapa penelitian tabung reaksi telah menemukan bahwa oregano dan minyak oregano mengandung antioksidan yang tinggi. Minyak atsiri oregano mengandung tinggi carvacrol dan thymol, dua antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Mengkombinasi dengan makanan antioksidan tinggi lainnya seperti buah-buahan dan sayuran dapat memberikan dosis antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan Kalian.

Melawan Bakteri

Oregano mengandung beberapa senyawa tertentu yang memiliki sifat antibakteri yang kuat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial oregano membantu menghambat pertumbuhan Escherichia coli dan Pseudomonas aeruginosa yang merupakan dua jenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada tubuh. Selanjutnya, penelitian tabung reaksi membandingkan aktivitas antimikroba dari minyak esensial oregano, sage dan thyme. Oregano merupakan salah satu dari sekian banyak minyak esensial yang terbukti paling efisien melawan bakteri.

Melawan Infeksi Virus

Selain melawan bakteri, beberapa penelitian telah menemukan bahwa oregano dan komponennya juga dapat melindungi terhadap beberapa virus. Dalam satu penelitian tabung reaksi, carvacrol yang terkandung dalam oregano dapat menonaktifkan norovirus, infeksi virus yang menyebabkan diare, mual dan sakit perut, dalam waktu satu jam pengobatan. Tak sekedar itu Studi reaksi lain menemukan bahwa timol dan carvacrol menonaktifkan 90% virus herpes simpleks.

Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah respon imun normal yang terjadi sebagai akibat dari penyakit atau cedera. Namun, peradangan kronis diyakini berkontribusi pada perkembangan penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan kondisi autoimun. Oregano kaya akan antioksidan seperti yang disebut sebelumnya, yang dapat membantu menetralisir radikal bebas dan mengurangi peradangan.

Dapat dimasukan kedalam Menu Diet

Kalian dapat campurkan daun oregano utuh ke dalam sayuran lain untuk salad yang kaya nutrisi atau taburkan daun oregano ke dalam cabai, sup, atau semur. Kalian juga dapat menggunakannya untuk membuat pesto segar atau saus salad, membumbui hidangan daging atau menambah rasa saus buatan sendiri.

Kesimpulan

Oregano adalah herbal yang menawarkan beberapa manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan kita semua. Tinggi akan antioksidan dan dapat membantu melawan bakteri dan virus, dan membantu mengurangi peradangan. Namun sayangnya penelitian  yang ada saat ini hanya terbatas pada penelitian tabung dan hewan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan efek potensialnya pada manusia. Untungnya, oregano serba guna, mudah ditambahkan ke dalam diet Kita dan dapat dimasukkan ke dalam berbagai macam resep baik dalam bentuk segar, kering, atau minyak.

Tak terasa kita sudah ada dibagian akhir pembahasan, untuk laian yang sudah membaca sampai akhir saya ucapkan Terimakasih dan semoga apa yang saya tuliskan dapat bermanfaat bagi kita semua. saya pamit undur diri, sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar