Tips mengurangi gula tambahan dalam makanan dan minuman - TiapHealthy


Gula tambahan termasuk gula atau pemanis kalori yang ditambahkan ke makanan atau minuman selama produksi (seperti memasukkan gula ke dalam kopi atau menambahkan gula ke sereal). Sumber utama gula tambahan adalah minuman yang dimaniskan dengan gula, serta makanan penutup dan makanan ringan yang manis. 

Berbeda dengan gula tambahan, Gula alami ditemukan secara alami dalam makanan seperti susu (laktosa) dan buah (fruktosa). Setiap produk yang mengandung susu (yogurt, susu, dan krim) atau buah (segar, kering, dan beku) mengandung beberapa gula alami. 
Studi penelitian selama 30 tahun terakhir menunjukkan bahwa mengkonsumsi tinggi gula tambahan, terutama dari minuman manis, menyebabkan obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2. Tapi jangan khawatir, kami akan memberi Tips agar kalian dapat mengurangi jumlah gula tambahan. Berikut adalah Tipsnya.

Baca label nutrisi


Bacalah setiap label makanan fakta Nutrisi. Label makanan sekarang sudah mencantumkan "gula tambahan" di bawah total karbohidrat. Pastikan kalian meninjau jumlah gram per porsi untuk menentukan berapa banyak tambahan gula yang kalian konsumsi per harinya.

Perhatikan komposisi


Perhatikan komposisi pada produk makanan. Setidaknya ada 55 nama lain untuk gula yang tercantum pada komposisi makanan. Mereka dapat terdaftar sebagai madu, sukrosa, dekstrosa, maltosa, sirup tebu, molase, sirup jagung fruktosa tinggi, sirup carob, padatan sirup jagung, gula tebu dehidrasi, jus buah, gula invert, gula anggur, manitol, gula mentah, sirup beras , sorbitol, gula bit, dll.

Mulai kurangi gula dalam minuman


Jika kalian merupakan orang yang biasa menggunakan gula tambahan dalam kopi atau teh kalian, cobalah untuk mengurangi hingga setengahnya. Kalian harus secara bertahap membiasakan diri dengan minuman dan makanan yang kurang manis dan terus menyesuaikannya. Ingat, satu sendok teh gula sama dengan 4 gram gula tambahan, jadi ini perlu dimasukkan dalam batas harian kalian semua.

Catat makanan sumber gula


Catat berapa banyak permen atau makanan dengan tambahan gula dalam jumlah besar yang kalian konsumsi dalam sehari atau seminggu. Misalnya, jika kalian makan manis dua kali sehari, mulailah dengan tawar-menawar dengan diri sendiri untuk membatasi sumber gula sehari. Dalam dua minggu, kalian mungkin akan mulai mempertimbangkan untuk mengurangi permen yang biasa kalian konsumsi menjadi lima hari seminggu dibandingkan tujuh hari, dan seterusnya.

Dampak Gula tambahan pada kesehatan dan biaya perawatan kesehatan kita sangatlah mahal dan membuat terkejut. Pada tingkat individu, ada beberapa strategi untuk memulai program untuk mengurangi gula tambahan dalam makanan kita sendiri. Di tingkat masyarakat, mendukung pengurangan gula tambahan yang disponsori pemerintah dapat membantu menyelamatkan nyawa dan secara signifikan mengurangi biaya perawatan kesehatan.

Tidak terasa kita sudah berada di penghujung artikel, sekali lagi mari kita kurangi konsumsi gula untuk terus hidup sehat hingga tua nanti, resiko penyakit yang disebabkan oleh gula sangatlah berbahaya, maka dari itu saya sebagai penulis artikel ini sangat berharap kalian semua bisa mengurangi asupan gula dalam seharinya, terimakasih sudah membaca sampai akhir, selamat beraktifitas, sampai jumpa di postingan berikutnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar