Makanan sumber lemak yang sehat bagi tubuh - TiapHealthy

Lemak adalah jenis nutrisi seperti protein dan karbohidrat, tubuh kita sangat membutuhkan lemak untuk energi, untuk menyerap vitamin, dan untuk melindungi kesehatan jantung dan otak kita. Selama bertahun-tahun kita telah diberitahu bahwa makan lemak akan menambah beberapa berat badan, meningkatkan kolesterol, dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Tapi sekarang kita tahu bahwa tidak semua lemak itu sama, ada lemak yang sehat (lemak tak jenuh) dan ada juga lemak yang "Jahat". Berikut saya berikan beberapa sumber makanan yang memiliki lemak sehat. Baca sampai selesai ya!.

Manfaat lemak tak jenuh bagi tubuh

Lemak tak jenuh memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, manfaatnya ialah:
1. Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.
2. Menurunkan kadar kolesterol jahat LDL, sekaligus meningkatkan HDL baik.
3. Mencegah irama jantung yang tidak normal.
4. Menurunkan trigliserida yang berhubungan dengan penyakit jantung dan melawan peradangan.
5. Menurunkan tekanan darah.
6. Mencegah aterosklerosis (pengerasan dan penyempitan pembuluh darah).
Menambahkan lebih banyak lemak sehat ini ke dalam diet kalian juga dapat membantu membuat kalian semuamerasa lebih puas setelah makan, mengurangi rasa lapar, dan dengan demikian mendorong penurunan berat badan . Apa saja sumber lemak tak jenuh? berikut merupakan beberapa sumber lemak tak jenuh:

Kacang Tanah


Kacang tanah merupakan makanan yang banyak mengandung lemak nabati yang sangat sehat. Kacang tanah juga sangat baik sebagi sumber protein dan zat gizi mikro lainnya. Selain itu Kacang  mengandung banyak serat, yang membantu menurunkan kolesterol LDL, vitamin E, bahkan L-arginine, yang membantu  menjaga pembuluh darah tetap sehat dan bebas dari penumpukan plak. Pembuluh darah yang sehat tentunya berdampak pada penurunan risiko penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Alpukat


Sangat benar apabila buah alpukat digolongkan sebagai makanan tinggi lemak dan alpukat satu-satunya buah dengan kandungan lemak yang sangat tinggi. Berbeda dengan buah-buahan pada umumnya yang memiliki tinggi karbohidrat dan gula. Meskipun demikian, ternyata anggapan bahwa makan alpukat membuat kita gemuk ini keliru. Alpukat memang dapat membuat kalian kelebihan berat badan apabila kalian memakannya dalam jumlah banyak. Namun, buah yang mempunyai rasa legit ini mempunyai efek sebaliknya. Lemak yang ada pada alpukat merupakan lemak yang sangat sehat. Kandungan lemak tersebut juga bisa membantu menurunkan berat badan loh.

Almond


Kacang almond sangat populer dengan keunikan rasanya yang gurih dan memiliki tekstur yang renyah. Di balik rasa yang sangat lezat, kacang almond juga memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Salah satunya lemak tak jenuh. Jenis lemak satu ini tidak akan meningkatkan penumpukan lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat dan sebaliknya, lemak tidak jenuh dapat memperbaiki kadar kolesterol di dalam tubuh kita karena dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau biasa disingkat HDL.

Ikan Salmon


Asam lemak Omega 3 tidaklah bisa diproduksi sendiri oleh tubuh manusia, maka kebutuhan akan asam lemak ini harus dipenuhi dari apa yang kita makan. Pilihan yang tepat jatuh pada Ikan salmon yang merupakan salah satu sumber terbaik asam lemak ini. Jenis ikan yang memiliki banyak minyak ini mengandung omega 3 EPA dan DHA. Dalam irisan tiga ons salmon terdapat sekitar dua setengah gram asam lemak total. omega 3 EPA dan DHA atau yang biasa dikenal sangat berper dalam meredakan peradangan, menjaga kesehatan tubuh, dan memperbaiki fungsi organ jantung juga otak kita.

Susu kedelai


Susu ini merupakan minuman yang penuh dengan banyak nutrisi yang terbuat dari sari kacang kedelai yang direbus. Susu yang satu ini juga sering menjadi pilihan lain sebagian orang yang memiliki alergi pada susu sapi dan kelompok vegetarian. Susu kedelai sangat bebas akan kolesterol, sedikit sekali lemak jenuh, serta tidak mengandung laktosa. Sehingga susu yang terbuat dari kedelai ini dapat konsumsi siapa saja, bahkan bagi penderita tekanan darah tinggi sekalipun. Selain memiliki rasa yang enak, susu kedelai juga sebagai sumber protein, karbohidrat, serat serta lemak yang baik yang berasal dari lemak nabati. Tak hanya itu, susu ini juga kaya akan mineral ataupun vitamin.

Tak terasa kita sudah di penghujung artikel ini, terimakasih sudah membaca sampai akhir, selamat beraktivitas kembali, jangan lupa berikan tanggapan kalian di kolom komentar, sampai jumpa di next artikel.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar