Sakit Tenggorokan, Begini Loh Cara Mengatasinya - TiapHealthy

Sakit Tenggorokan, Begini Loh Cara Mengatasinya- Sakit tenggorokan sering menjadi penyakit yang dikeluhkan banyak orang saat pergantian musim. Rasa sakit membuat seseorang sulit menelan. Seperti namanya, radang tenggorokan adalah suatu kondisi ketika tenggorokan menjadi meradang karena infeksi.

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Dalam istilah medis, penyakit ini disebut faringitis, yang berarti radang pada faring atau tenggorokan bagian belakang. Apakah anda sekarang Sakit Tenggorokan, nah begini loh cara mengatasinya.

Istirahat Yang Cukup

Istirahat adalah cara mudah untuk mengobati sakit tenggorokan. Karena dengan istirahat yang cukup akan membantu memulihkan peradangan atau infeksi pada tenggorokan anda. Selain itu, Anda juga akan memberikan waktu bagi tubuh Anda untuk membentuk sistem imun yang lebih baik sehingga lebih cepat pulih.

Anda perlu menjaga tenggorokan agar tidak kering, triknya adalah dengan minum air putih. Hal ini dikarenakan tenggorokan yang kering akan terasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Jika bisa minum air hangat karena air hangat akan membantu membersihkan selaput lendir, sehingga sirkulasi lancar. Dengan sirkulasi yang lancar, infeksi sekunder seperti sinus dapat diantisipasi.

Kumur Air garam

Anda bisa membuat air garam ini dengan melarutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas penuh air hangat, karena Air garam memiliki banyak manfaat yang juga dikenal dapat membantu membunuh bakteri di tenggorokan. Jadi anda bisa Berkumur secara teratur menggunakan air garam untuk membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga tenggorokan tetap bersih.

Minum Air Jahe

Selain air hangat, Anda juga bisa mengonsumsi air jahe. Hal ini karena jahe merupakan tanaman herbal dengan efek antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Efek anti-inflamasi jahe dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dengan mengurangi peradangan.

Minum Air Lemon

Tidak hanya air jahe, lemon kaya akan vitamin C yang dapat membantu proses penyembuhan sakit tenggorokan. Konsumsi air lemon hangat akan membuat tenggorokan terasa nyaman.

Menghindari Paparan Asap Rokok

Jika Anda ingin menghilangkan sakit tenggorokan, menghindari asap rokok bisa menjadi cara yang efektif. Apalagi jika sakit tenggorokan Anda disebabkan oleh infeksi. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya hentikan terlebih dahulu. Namun, jika cara-cara di atas belum bisa mengobati sakit tenggorokan, segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian penjelasan dari saya tentang Sakit Tenggorokan, begini loh cara mengatasinya semoga bermanfaat terimakasih.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar